mmmindonesia
Home » , , , , , , , » Kombinasi Antara Desain Rumah Betawi Dengan Rumah Modern

Kombinasi Antara Desain Rumah Betawi Dengan Rumah Modern

Desain rumah betawi adalah salah satu dari ratusan rumah etnik yang ada di Indonesia. Lokasi rumah Betawi ada di DKI Jakarta. Asal muasal kata betawi itu sendiri berasal dari kata Batavia yang biasa dipakai sebelum nama Jakarta dipakai.


Desain serta penataan desain rumah betawi sebenarnya telah sesuai di kondisi geografis Jakarta yang ada di daerah pesisir. Jenis rumah ini memiliki karakter kuat dan khas dan sesuai dari budaya yang ada disana. Demikian pula dari penataan ruang yang biasanya dilengkapi dengan halaman atau beranda. Beranda ini terdapat ruang atau tempat untuk keluarga serta dapur. Dan disisi lain, kamar – kamarnya dibuat di sebelah ruang tengah.


Hal yang menarik ialah, desain rumah Betawi juga memakai konsep terbuka. Karena teras yang berada di depan bukan  hanya sekedar untuk tempat bersantai saja, tetapi  juga mempunyai fungsi sekaligus sebagai ruang tamu. Hal – hal seperti ini biasa menjadi ciri penting dari orang Betawi asli, mereka jarang menerima tamu ke dalam  rumah. Jika Anda ingin memadukan konsep antara tradisional dengan modern rumah Betawi asli, bukan hal yang sulit untuk dilakukan.


Hal paling utama ialah konsep akan keberadaan ruangan tamu yang berada di teras tetap harus diterapkan, sehingga adanya konsep keterbukaan antara karakter penting dari Desain rumah Betawi agar tetap dapat hadir meski dengan suasana dan nuansa yang berbeda.


+ Desain Rumah Betawi : Bahan Material


Kemudian di dalam hal material yang biasa digunakan, pada umumnya desain rumah Betawi memakai bahan utama kayu. Hampir semua unsur yang selalu menggunakan bahan dari kayu ini. Jika dirasakan sulit, bahan kayu ini dapat digantikan dengan yang lain. Seperti halnya dinding dapat menggunakan tembok dari batu biasa, kemudian untuk penggunaan kerangka atapnya dapat menggunakan bahan yang terbuat dari baja ringan, tidak menggunakan bahan terbuat dari kayu lagi.


+ Desain Rumah Betawi : Atap


Tetapi jika digunakan atapnya sendiri, sebaiknya masih memakai genteng tanah liat, karena apabila memakai bahan alumunium atap baja ringan yang tahan panas, karakter dari  Betawinya nantinya dapat berkurang banyak. Hal ini akan berbeda dengan kerangka yang tertutup dengan plafon serta atap sehingga tak dapat terlihat secara langsung dari luar.


+ Desain Rumah Betawi : Dinding


Lalu untuk dekorasi dindingnya, Anda bisa memakai dinding dari batu bata karena unsur ini masih bisa dikombinasikan dengan memakai bahan kayu yang diterapkan di pintu dan jendela. Sebaiknya dalam pemakaian pintu dan jendela ini masih memakai gaya asli khas Betawi, suapaya nuansa etnik Betawi tetap bisa dirasakan dengan optimal. Demikian pula untuk posisi penempatan serta peletakannya, harus tetap memakai konsep dan desain khas Betawi.


+ Desain Rumah Betawi : Pagar


Hal sama dapat dilakukan di pagar yang dipasang disepanjang pinggiran halaman atau teras depan. Rumah Betawi asli selalu memakai pagar yang terbuat dari kayu. Pagar teras dibuat dengan tampilan yang amat menarik. Kayu pagar yang digunakan tak hanya ditampilkan secara polos saja, tetapi dibentuk menjadi suatu ornament dengan pola dan konsep tertentu.


+ Desain Rumah Betawi : Hiasan Dinding


Ciri lain dari bangunan Adat Betawi yang bisa diterapkan di rumah modern yaitu hiasan dinding yang terletak di bawah atap. Hiasan dinding ini biasanya juga terbuat dari kayu. Bagian tengahnya diberikan hiasan berbentuk lingkaran. Dan di dalam lingkaran bundar ini ada ukiran dengan motif khas Betawi.


.

Desain Interior, Gambar Rumah Betawi Arsitek, Desain Rumah Tinggal: Kombinasi Antara Desain Rumah Betawi Dengan Rumah ModernDesain Interior, Model Teras Rumah Betawi: Kombinasi Antara Desain Rumah Betawi Dengan Rumah ModernDesain Interior, Desain & Arsitektur: Rumah Tradisional Betawi: Kombinasi Antara Desain Rumah Betawi Dengan Rumah ModernDesain Interior, Desain Rumah Betawi Modern: Kombinasi Antara Desain Rumah Betawi Dengan Rumah Modern

There are high resolution pics again to check, so do not miss to see Astonishing images all in Kombinasi Antara Desain Rumah Betawi Dengan Rumah Modern article galleries for your next inspiration by clicking the thumbnail below.

Genteng Tanah Liat Sebagai Bahan Desain Rumah Gratis : JENIS JENIS GENTENG

Posted at December 18th, 2013, Rudiyanto Siregar talk about Genteng Tanah Liat Sebagai Bahan Desain Rumah Gratis.

Keuntungan Memakai Kaca Di Desain Rumah Elegant : Desain Kamar Mandi Minimalis Terbaru Untuk Rumah Modern Elegant Menggunakan Kaca

Posted at December 18th, 2013, Rudiyanto Siregar write about Keuntungan Memakai Kaca Di Desain Rumah Elegant.

Pada umumnya kaca selalu memperlihatkan nuansa  elegant dan mewah..

1 komentar:

  1. rumah betawi sendiri di jakarta sekarang sudah jarang banget ya gan, lebih mengarah ke rumah modernnya saja hehe

    yuk gan disimak juga informasi properti lainnya berupa rumah nih, barangkali ada yang lagi cari rumah, silahkan gan

    rumah dijual murah
    rumah
    rumah dijual
    tanah dijual

    thanks gan :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.