mmmindonesia
Home » , , , , , » Desain Rumah Hadap Barat, Apakah Berbahaya

Desain Rumah Hadap Barat, Apakah Berbahaya

Menentukan Arah Hadap Rumah Tingkat kenyamanan tempat tinggal ataupun rumah ditentukan oleh banyak hal antara lain ialah gaya dan bentuk arsitektur ukuran, rumah, lokasi,  dan warna. Ketika diberikan pertanyaan orang selalu memberikankan jawaban seperti itu. Padahal masih ada satu faktor lagi namun faktor inilah  sering dilupakan ialah arah dari hadap rumah ataupun rumah sendiri. Menentukan arah hadap rumah apabila dilakukan dengan benar pastinya akan punya pengaruh  baik terutama guna penghuninya dikarenakan sinar matahari dapat masuk dengan baik dan maksimal.


Karena itu banyak orang  tertarik guna membuat rumah hunian  arah hadapnya ke timur supaya dapat mendapat sinar matahari pagi. Meskipun dapat dikatakan tak salah, tapi opini tak sepenuhnya benar. Meskipun rumah butuh sinar matahari, namun tak harus selalu diperoleh pada waktu pagi. Karena tujuan supaya dapat memperoleh sinar matahari tersebut sebenarnya ialah guna melakukan penghematan energi listrik bagi penerangan rumah terlebih lagi di waktu siang hari.


Jadi apabila arsitekturnya dibuat dengan cara  baik, sinar matahari ini tetap dapat masuk ke dalam rumah meskipun arah hadapnya tak selalu menghadap ke timur.  terpenting ialah Anda harus dapat mengamati sudut di mana cahaya matahari tersebut jatuh. Apabila cahayanya semakin tinggi, maka energi panas  muncul di dalam rumah juga menjadi semakin besar. oleh sebab itu rumah  ukurannya lebih sempit ataupun kecil harus dapat diatur sedemikian rupa sehingga posisi sinar  jatuh menjadi rendah. Karena apabila sinar  masuk terlalu banyak, maka kondisi di dalam ruang dapat menjadi kurang nyaman karena suhunya yang terlalu panas.


Contoh paling mudah dan sederhana ialah posisi jendela diletakan pada sisi  berada di bagian bawah dari dinding. Maksudnya supaya sinar dapat masuk disesuaikan dengan kebutuhan dalam ruangan. Demikian pula dengan posisi dan  ukuran daun dapat diatur sedemikian rupa supaya sinar pagi tetap dapat masuk.  paling penting semua bagian ruang dapat mendapat sinar semua. Metode lain  dapat diterapkan ialah memakai sistem skylight ataupun membuat aplikasi ventilasi silang. Ataupun dapat juga dengan cara  lain, memakai dua jendela  posisinya dapat saling berhadapan. Dengan cara seperti ini ketika sinar matahari  masuk dirasa menjadi sangat panas sehingga proses pergantian aliaran udara  keluar dan  masuk dengan cepat dapat membuat suasana  ada di dalam ruang tetap terasa sejuk dan dingin.


Apabila cahaya  masuk dirasa tetap kurang di desain rumah hadap barat, cara lain guna mendapatkan sinar matahari dapat menggunakan lubang cahaya  dipasang bersama atap. Ukuran  terbaik ialah sekitar sepuluh persen dari luas ruangan keseluruhan. Jadi apabila ruang tersebut punya ukuran luas lima puluh meter persegi contohnya, maka dibutuhkan lubang dengan  total luasnya ialah lima meter.


Selanjutnya dalam hal menyiasati rumah arah hadapnya sudah terlanjur salah seperti tidak memaki desain rumah hadap barat, Anda  dapat melakukan pergantian dan pengaturan ruang. Contohnya kamar tidur sebaiknya dipindah pada tempat  lain  jendela ataupun pintunya tak menghadap kearah barat. Sinar matahari pada waktu  sore hari panasnya tetap terasa sampai malam. Jadi meskipun mataharinya sudah tenggelam, namun ruang Anda yang menghadap ke barat tetap terasa panasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.